5 Tips Sukses Jual Telur Ayam Negeri

Jual telur ayam negeri adalah sebuah usaha jual beli telur ayam untuk mendapatkan laba atau keuntungan tertentu. Banyak pedagang, baik di pasar tradisional ataupun pedagang toko klontong yang mulai melakukan bisnis jual telur ayam. Hal ini karena permintaan telur ayam negeri yang tetap terjaga dari hari ke hari. Seperti yang diketahui bersama, telur ayam sudah menjadi kebutuhan pokok setelah beras dan gula.

Jual Telur Ayam Negeri Bisa Sukses Karena Ini
Belum banyak pedagang yang mengerti cara sukses berdagang telur, sehingga masih sering terjadi kerugian. Entah itu karena telur yang busuk, atau karena telur yang pecah, atau bahkan karena pembeli enggan membeli telur tersebut. Berikut ini adalah tips dan trik yang bisa digunakan untuk usaha jual telur ayam negeri:
1.      Cari suplier besar
Suplier atau pemasok atau distributor itu sangat penting, karena dari merekalah sumber telur ayam negeri bisa sampai kepada para pedagang. Tentu saja suplier atau distributor telur yang besar akan memberikan pelayanan yang lebih baik. Selain itu, biasanya distributor besar akan menjual dengan harga yang cenderung murah, sehingga laba yang dihasilkan akan lebih banyak. Namun, walaupun murah, hal yang perlu diperhatikan adalah kualitas telur itu sendiri. Jangan sampai hanya karena tergiur harga murah, telur ayam yang dikirim tidak memiliki kualitas yang baik.
2.      Suplier alternatif
Suplier alternatif juga penting. Carilah juga suplier alternatif untuk berjaga-jaga jika suplier utama tidak bisa memberikan pelayanan. Karena memang masa depan adalah sebuah misteri yang tidak bisa ditebak. Bisa saja, karena permintaan telur di suplier utama membludak, mereka tidak mampu menyediakan telur untuk dikirim pada pedagang tertentu. Jangan sampai usaha berhenti tiba-tiba hanya karena tergantung dengan suplier utama saja. Gunakan jasa suplier cadangan. Walau harganya mungkin lebih mahal, itu tidak masalah, asalkan pasokan telur tetap terjaga.
3.      Pasarkan dengan tepat
Memasarkan dengan tepat adalah cara berikutnya. Untuk memasarkan telur ini, tentu yang harus dilakukan adalah jualan telur ayam negeri. Caranya ada banyak sekali. Pedagang bisa menyewa sebuah tempat di pasar tradisional dan berjualan di sana. Cara berikutnya adalah dengan menitipkan telur ayam negeri ke penjual di pasar yang sudah lebih lama berjualan di sana. Cara ketiga, bisa juga dengan menitipkan telur ayam negeri ke pedagang toko klontong yang banyak tersebar di perumahan atau kampung. Jika mungkin, menjadi pedagang telur ayam keliling juga bisa menjadi solusi. Namun untuk cara yang satu ini, dibutuhkan alat transportasi berupa mobil pick up dan sebagainya.
4.      Tentukan harga
Harga adalah salah satu hal yang juga perlu diperhatikan. Harga yang terlalu mahal akan membuat calon pembeli enggan membeli. Sementara harga yang terlalu murah juga akan membuat calon pembeli ragu akan kualitas telur yang ada. Tentukan harga jual yang kompetitif, yang sesuai dengan harga pasaran. Tidak masalah jika keuntungan yang didapatkan tidak terlalu besar, asalkan pembeli betah untuk membeli dan datang lagi.
5.      Jaga selalu kualitas telur
Tips yang terakhir adalah dengan menjaga selalu kualitas telur yang dijual. Tempatkan telur di spot yang aman agar tidak mudah tertimpa benda lain. Jaga selalu kelembaban udara dan tata simpan telur. Jangan biarkan telur mudah busuk.

Itulah tips sukses jual telur ayam negeri yang bisa dilakukan oleh pedagang. Selamat mencoba dan semoga sukses.