Ciri-Ciri Telur yang Bagus Sebelum Mengonsumsinya

Ciri-ciri telur yang bagus terkadang sulit diketahui karena tampilan telur segar dengan telur yang sudah lama atau rusak cenderung sangat mirip. Telur yang baik merupakan telur yang diproduksi oleh ayam petelur berkualitas yang memperoleh asupan makan sesuai dengan standar. Telur menjadi lauk pilihan utama masyarakat karena harganya yang terjangkau, mudah diolah serta mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Supaya memperoleh asupan nutrisi yang terkandung dalam telur sebagai lauk sumber protein hewani secara utuh, maka mengetahui kondisi telur tersebut merupakan telur yang bagus atau tidak sangat wajib hukumnya.




Deretan Ciri-Ciri Telur Yang Bagus
Meskipun tampilannya hampir sama, namun telur yang baik dapat dikenali dengan mengamati beberapa hal. Berikut ini adalah ciri-ciri telur segar yang dapat dengan mudah dikenali dan diketahui.

1.      Bentuk kuning telur cembung dan tekstur kental
Ciri-ciri utama yang dapat menunjukkan bahwa telur ayam negeri masih dalam kondisi baik atau tidak ialah dengan melihat bentuk dan tektur kuning telurnya. Untuk itu, pecahkan telur dan letakkan pada mangkuk atau piring kemudian lihatlah kuning telurnya. Telur yang bagus akan menunjukkan posisi kuning telur tepat ditengah. Kemudian bentuk kuning telur yang ditunjukkan ialah bulat dengan sisi cembung seperti bola. Tekstur kuning telur yang bagus ialah kental dan solid atau menyendiri. Bahkan saat dipegang, kekentalan kuning telur tersebut sangat pekat dan bisa terasa oleh jari. Apabila kuning telur telah berbaur atau bercampur dengan putih telur serta mudah pecah, hal tersebut menunjukkan bahwa kondisi telur sudah rusak.

2.      Cangkang tebal
Ciri-ciri telur yang baik selanjutnya ialah memiliki cangkang yang cukup tebal. Telur yang baik ialah telur yang memiliki cangkang tebal yang sulit untuk dipecah atau diretakkan dan tidak transparan. Apabila cangkang telur transparan dan mudah diretakkan maka dapat dipastikan bahwa telur tersebut merupakan telur dengan kualitas buruk. Hal ini terpengaruh dengan asupan nutrisi yang diperoleh ayam petelur sebagai produsen telur tersebut. semakin mudah rapuh dan retak cangkang, dapat diartikan bahwa ayam hanya mengonsumsi pakan tanpa tambahan nutrisi lainnya.

3.      Tidak berbau tidak sedap
Bau pada telur juga dapat dijadikan indikator apakah telur dalam keadaan baik atau tidak. Telur yang sudah mengeluarkan bau tidak sedap atau bahkan busuk, dapat diartikan telur tersebut sudah rusak atau busuk. Biasanya bau cukup sulit dikenali pada telur utuh, utnuk memastikannya, pecahkan dahulu telur dan letakkan ada wadah barulah dicek apakah telur menghasilkan bau tidak sedap atau tidak.

4.      Kuning telur berwarna cenderung orange
Warna kuning telur juga dapat dijadikan ciri telur masih segar atau sudah lama atau rusak. Umumnya masyarakat menganggap bahwa kuning telur yang berwarna kuning terang menunjukkan kondisi telur yang baik. Namun ternyata anggapan tersebut salah. Telur dalam kondisi baik memiliki kuning telur dengan warna orange atau kuning lebih tua atau pekat. Semakin tua atau pekat warna orange pada kuning telur menunjukkan kualitas telur dengan kualitas yang semakin bagus pula. Jika kuning telur menunjukkan warna kuning terang atau menyala, hal tersebut mengindikasikan bahwa ayam petelur produsen telur tersebut hanya mengonsumsi pakan saja tanpa asupan nutisi lainnya.

Untuk memperoleh nutrisi yang utuh dan sesuai kandungan dari telur ayam negeri, ciri-ciri telur yang bagus di atas harus diperhatikan sebelum membuatnya jadi olahan nikmat. Jangan sampai bertaruh kesehatan hanya karena salah pilih telur ya!